test

Kesehatan

Selasa, 13 Desember 2022 10:42 WIB

5 Jenis Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Editor: Hadi Ismanto

Menjaga kesehatan tulang harus dilakukan sejak dini. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Seiring bertambahnya usia, tubuh terutama tulang mengalami pengeroposan sehingga dapat mengurangi mobilitas dan kesehatan. Kondisi ini proses alami dan mungkin tidak sepenuhnya dapat dicegah.

Seperti dilansir dari laman eMedicineHealth, Selasa (13/12/2022), beberapa faktor yang bisa membuat kerusakan tulang di antaranya kurangnya mengonsumsi kalsium, jarang berolahraga, merokok, dan lain-lain.

Kendati begitu, perawatan yang tepat dapat mengurangi dan memperlambat degradasi tulang dan otot. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran. Berikut beberapa jenis sayuran yang dapat menjaga kesehatan tulang.

1. Bayam
Makanan yang jadi favorit tokoh kartun ‘Popeye’ ini, merupakan salah satu sayuran yang kaya kalsium. Dalam 100 gram bayam, terkandung kalsium sebanyak 136 miligram.

Jumlah kalsium tersebut bisa mencukupi sekitar 10 persen dari kebutuhan kalsium harian. Agar nutrisinya bisa diperoleh secara maksimal, sebaiknya masak bayam dengan cara ditumis sebentar alih-alih merebusnya.

2. Pakcoy
Sayuran yang menjadi salah satu pelengkap sajian mi ayam ini, juga bisa menjadi sumber kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari. 100 gram pakcoy bisa memenuhi 93 miligram atau setara dengan 7 persen kebutuhan harian kalsium dari .

3. Kentang
Mengonsumsi kentang secara rutin ternyata memberi manfaat baik bagi kesehatan tulang. Kentang tinggi potassium yang bisa menetralkan asam pada tubuh. Kandungan tersebut bisa mengeluarkan kalsium untuk menutrisi tulang.

4. Toge
Sayur toge bisa menjadi pilihan kalian untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian. Kalsium yang bisa diperoleh per 100 gram sajian toge adalah 59 gram, di mana jumlahnya itu bisa mencukupi 5 persen dari kebutuhan kalsium harian.

5. Tomat
Tomat mengandung likopen yang baik untuk kesehatan tulang. Rutin mengonsumsi tomat bisa memberi dampak baik untuk tulang. Kandungan likopen pada tomat sendiri bisa dikeluarkan maksimal saat dimasak.

Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi tomat yang dimasak. Kandungan likopen pada tomat ini bisa menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

BERITA TERKAIT