test

News

Rabu, 14 Desember 2022 06:01 WIB

Korlantas Polri Petakan 27 Ribu Lokasi Pengamanan Selama Nataru

Editor: Hadi Ismanto

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi. (Foto: PMJ News/Dok Korlantas Polri)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memetakan 27 ribu lokasi yang akan menjadi atensi pengamanan selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR RI. Rapat itu membahas mengenai kesiapan infrastruktur dan transportasi saat liburan Nataru.

"Kami laporkan akan ada 27 ribu lebih lokasi yang nanti akan jadi atensi pengamanan untuk seluruh jajaran yang dilaksanakan oleh Polri dalam menghadapi pergantian tahun dan kegiatan ibadah," ungkap Firman, Selasa (18/12/2022).

Firman menjelaskan potensi kerawanan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas). Dia mengatakan Korlantas Polri akan mengantisipasi dan meningkatkan jajaran, termasuk di wilayah wisata.

"Ini potensi-potensi yang coba kami inventarisasi tentang peningkatan yang besok ini akan ada, termasuk rest area, baik arah Jawa maupun Sumatera," kata Firman.

"Kemudian peningkatan penumpang tadi sudah disampaikan Pak Menteri, animo masyarakat untuk cuti cukup tinggi. Kami juga mengantisipasi dan mengingatkan jajaran untuk wilayah-wilayah wisata yang akan digunakan," imbuhnya.

Menurut Firman, Korlantas Polri fokus empat target dalam pengamanan saat periode liburan Natal dan tahun baru nanti. Di antaranya keamanan di jalur tol, arteri, dan lokasi wisata.

"Pertama, tetap memastikan keamanan, keselamatan, maupun ketertiban lalu lintas pada jalur tol, arteri, maupun lokasi wisata. Kemudian kita juga berharap tidak menambah jumlah anggota atau masyarakat yang terkena dampak COVID," katanya.

Selain itu, Firman mengatakan bakal memastikan kelancaran distribusi ketika jalur-jalur lalu lintas dipadati pemudik. Dia mengatakan pihaknya juga akan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas saat periode liburan Natal dan tahun baru.

"Kemudian kita juga tentunya kelancaran distribusi tetap berjalan untuk melayani masyarakat. Dan penting kami stressing untuk satuan kami menurunkan fatalitas korban laka lantas dan memperlancar arus lalu lintas,"

BERITA TERKAIT