test

Kesehatan

Senin, 19 Desember 2022 10:04 WIB

Vitamin D Bermanfaat Bagi Kesehatan, Ini Lima Cara untuk Mendapatkannya

Editor: Hadi Ismanto

Menghabiskan waktu sendiri bisa membantu ringankan tekanan kehidupan. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Pemenuhan asupan vitamin D dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tulang semakin kuat. Vitamin ini menjadi salah satu nutrisi terpenting untuk kesehatan tubuh.

Para ahli kesehatan juga sepakat bahawa suplemen vitamin D bisa membantu menurunkan indeks massa tubuh (BMI) secara signifikan, sehingga bisa membantu menurunkan dan mengelola berat badan.

Menurut Mayo Clinic, vitamin D berpotensi mengurangi pembentukan sel-sel lemak baru dalam tubuh dan juga menekan penyimpanan sel-sel lemak yang secara efektif mengurangi akumulasi lemak.

Kadar serotonin dan testosteron dalam tubuh memainkan peran penting dalam meningkatkan metabolisme, yang membuat tubuh membakar kalori secara optimal, mengontrol nafsu makan, meningkatkan pencernaan dan mengurangi lemak tubuh.

Jumlah vitamin D yang lebih tinggi dalam tubuh meningkatkan kadar kedua hormon ini, yang mempengaruhi segala sesuatu dalam tubuh, mulai dari suasana hati hingga tidur.

Seperti dilansir dari laman Times Now News, Senin (19/12/2022), berikut beberapa hal yang bisa Anda melakukan untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh.

1. Berjemur
Sinar matahari mengandung nutrisi vitamin D yang baik. Healthline mengatakan bahwa kulit menjadi tempat berkumpulnya sejenis kolesterol yang berfungsi sebagai prekursor vitamin D dan ketika senyawa tersebut terpapar radiasi UV-B dari sinar matahari, maka akan menjadi vitamin D.

2. Ikan Berlemak
Ikan berlemak seperti tuna, makarel, sarden, kerang-kerangan, udang, serta tiram adalah salah satu sumber alami terkaya vitamin D. Menurut National Library of Medicine, banyak dari makanan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, pembangkit tenaga antioksidan.

3. Konsumsi Makanan Fortifikasi
Makanan yang difortifikasi seperti susu, jus jeruk, sereal, yogurt, dan lainnya juga dikemas dengan vitamin D

4. Konsumsi Kuning Telur
Kuning telur sarat dengan vitamin D, dalam 100 gram akan mengandung 281 IU salah satu yang tertinggi. Penting juga untuk menggunakan telur utuh-bukan hanya putihnya saja.

5. Makan Sereal
Selalu pilih sereal rendah kalori yang dapat membantu mendapatkan bagian dari asupan vitamin D harian.

BERITA TERKAIT