test

Kesehatan

Sabtu, 31 Desember 2022 22:01 WIB

5 Resolusi Tahun Baru yang Bisa Bikin Hidup Lebih Sehat

Editor: Hadi Ismanto

Tidak sedikit orang yang merencanakan berbagai resolusi ke arah perubahan yang positif pada tahun 2023 mendatang. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Menjelang pergantian tahun, tidak sedikit orang yang merencanakan berbagai resolusi ke arah perubahan yang positif. Salah satunya berharap agar di tahun baru nanti dapat mengubah gaya hidup lebih sehat.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (31/12/2022), berikut beberapa ide resolusi tahun baru untuk menuju gaya hidup yang lebih sehat yang patut dicoba.

1. Perbaiki Tidur
Aktivitas yang padat hingga distraksi dari beragam gawai bisa dengan mudah mengganggu kualitas tidur. Padahal, kurang tidur yang terjadi terus-menerus bisa memunculkan beragam masalah kesehatan serius.

Usahakan untuk tidur setidaknya 6-8 jam per hari demi kesehatan yang lebih baik di masa mendatang. Jauhkan gawai dari kamar tidur dan membuat suasana kamar tidur gelap dan sejuk setiap hari bisa mempermudah mewujudkan resolusi ini.

2. Rutin Berolahraga
Di tengah gempuran beragam masalah kesehatan dan pandemi, kesehatan dan kebugaran tubuh perlu menjadi prioritas. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapainya adalah berolahraga rutin.

Kebiasaan berolahraga ini bisa dimulai dengan hal yang paling ringan terlebih dahulu.

3. Perbanyak Jalan Kaki
Gaya hidup yang tak aktif dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Memperbanyak jalan kaki dalam melakukan berbagai aktivitas dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah diri sendiri terperangkap dalam gaya hidup tak aktif.

4. Perhatikan Makan yang Dikonsumsi
Tahun depan, alangkah baiknya jika Anda mulai fokus terhadap kualitas asupan makanan Anda. Kurangi konsumsi makanan olahan seperti roti-rotian, gorengan, serta minuman bergula atau soda.

Makanlah lebih banyak buah dan sayuran untuk meningkatkan asupan serat makanan dan protein.

5. Jauhi Stres
Stres yang terus-menerus dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Beberapa strategi yang dapat membantu menjaga stres termasuk latihan fisik, meditasi, dan latihan pernapasan dalam.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan psikolog atau terapis yang dapat membantu Anda mengelola stres dengan lebih baik.

BERITA TERKAIT