test

News

Selasa, 7 Februari 2023 13:07 WIB

BPOM Setop Produksi Obat Sirup Penyebab Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak

Editor: Hadi Ismanto

Gedung Badan Pengawas Obat dan Makanan. (Foto: PMJ News/Dok BPOM)

PMJ NEWS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan telah menghentikan sementara produksi dan distribusi obat sirup yang diduga sebagai penyebab kasus baru gagal ginjal akut anak.

Seperti dikutip dari laman resmi BPOM, Selasa (7/2/2023), setidaknya terdapat tiga produk dengan nama Praxion yang terdaftar. Penghentian ini menunggu hingga proses investigasi selesai.

"Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah mengeluarkan perintah penghentian sementara produksi dan distribusi obat yang dikonsumsi pasien hingga investigasi selesai dilaksanakan," tulis BPOM.

Pada kesempatan yang sama, BPOM juga telah memastikan pihak perusahaan pemegang izin edar obat tersebut telah melakukan penarikan secara sukarela.

"Terkait perintah penghentian sementara dari BPOM, industri farmasi pemegang izin edar obat tersebut telah melakukan voluntary recall (penarikan obat secara sukarela)," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi temuan baru kasus gagal ginjal akut anak pada 2023. Dari dua laporan yang masuk, salah satunya sudah terkonfirmasi Gangguan Ginjal Akut Progresif (GGAPA).

"Penambahan kasus tercatat pada tahun ini. Satu kasus konfirmasi GGAPA dan satu kasus suspek," ujar Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril dalam keterangannya, Senin (6/2/2023).

BERITA TERKAIT