test

News

Kamis, 23 Februari 2023 13:22 WIB

Presiden Jokowi: Di Luar Ruangan Tidak Wajib Pakai Masker

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan pada Rakernas Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemakaian masker di luar ruangan sudah tidak diwajibkan. Kebijakan ini berlaku seiring dicabutnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Di luar ruangan itu sudah tidak wajib pakai masker. Tetapi di dalam ruangan kalau ada yang pakai masker juga diperbolehkan, demi kesehatan," kata Jokowi dikutip dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (23/2/2023).

Sebelumnya, kebijakan penggunaan masker memang digencarkan saat pandemi Covid-19. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran virus Corona melalui cairan droplet yang keluar dari mulut dan hidung.

Namun, setelah PPKM dicabut pada akhir tahun lalu penggunaan masker sudah tidak menjadi kewajiban. Pemerintah menilai saat ini kasus Covid-19 di Indonesia telah terkandali.

"Saya ingin mengingatkan kembali bahwa PPKM telah dicabut di akhir 2022 yang lalu. Jadi, kalau tadi Pak Gubernur Kaltim menyampaikan yang pakai masker itu dianggap agak sakit, nggak salah, Pak Gub, nggak salah, karena PPKM memang sudah dicabut," terangnya.

BERITA TERKAIT