test

News

Jumat, 17 Maret 2023 15:03 WIB

Teror KKB Papua, Pesawat Hercules Dikerahkan Bantu Penerbangan Masyarakat

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Masyarakat menaiki Pesawat Hercules yang batu penerbangan. (Foto; PMJ/Polda Papua).

PMJ NEWS - TNI mengerahkan Pesawat Hercules untuk membantu transportasi jalur udara di Yahukimo, Papua, buntut dari sejumlah teror yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

“Tidak beroperasinya pesawat komersil pasca rentetan kejadian di Yahukimo membuat warga yang seharusnya berangkat karena keperluan pribadi, keluarga atau dinas menjadi terhambat,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/3/2023)

“Oleh karena itu mereka memanfaatkan Pesawat Hercules untuk berangkat ke Jayapura dari Yahukimo,” sambungnya.

Pesawat yang dikerahkan TNI untuk membantu penerbangan di sana yakni berjenis Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU

Benny menuturkan, masyarakat sekitar akhir-akhir ini merasa takut karena peristiwa teror yang kerap terjadi di Yahukimo.

Meski begitu, ada masyarakat yang beraktivitas perlu menggunakan pesawat harus melakukan karena kewajiban masing-masing.

“Tidak semua warga meninggalkan Kota Dekai karena takut dengan adanya situasi keamanan, tetapi mereka memang ada urusan yang perlu diselesaikan sehingga menunggu pesawat hercules sebagai moda transportasi udara,” jelasnya

KKB sebelumnya melakukan aksi teror dengan menembaki pesawat yang sedang take off di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukiomo, Papua. Peristiwa tersebut mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandara terganggu.

BERITA TERKAIT