test

News

Senin, 19 Juni 2023 10:42 WIB

Presiden Jokowi: Setelah Masuk Endemi Penanganan Pasien Covid-19 Bayar

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Indonesia akan memasuki masa endemi Covid-19 dalam waktu dekat. Pada masa endemi nanti, penanganan pasien Covid-19 tidak lagi gratis atau ditanggung pemerintah.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat menghadiri peringatan satu dekade Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) di Hotel Salak, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6/2023).

"Ini hati-hati kalau sudah masuk endemi kalau kena Covid-19 bayar. Saat ini masih ditanggung pemerintah, begitu masuk endemi sakit Covid-19 bayar. Konsekuensinya itu," jelas Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengungkapkan, penanganan pandemi Covid-19 merupakan tugas terberatnya selama hampir 10 tahun menjabat presiden. Dia menyebut wabah ini tidak diprediksi dan tidak pernah terjadi sebelumnya.

"Betul-betul kita nggak tahu berakhirnya kapan, diselesaikan dengan cara apa, dan sangat kuatnya ini sampai berapa bulan, berapa tahun, nggak tahu," tukasnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan telah memutuskan Indonesia segera memasuki status endemi COVID-19 atas pertimbangan jumlah kasus harian dan kasus aktif COVID-19 yang melandai serta luasnya cakupan vaksinasi COVID-19.

"Sudah kami putuskan untuk masuk ke endemi, tetapi kapan diumumkan, (ini) baru dimatangkan, dalam seminggu, dua minggu," ujar Jokowi pada Rabu (14/6/2023).

BERITA TERKAIT