test

News

Rabu, 28 Juni 2023 16:02 WIB

Sarankan Jemaah Muhammadiyah Potong Kurban Besok, Menko PMK: Biar Kompak

Editor: Hadi Ismanto

Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. (Foto: PMJ News/Instagram @muhadjir_effendy).

PMJ NEWS - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyarankan jemaah Muhammadiyah untuk memotong hewan kurban pada Kamis (29/6/2023) besok.

"Saya menyarankan untuk yang salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," ujar Muhadjir usai menunaikan salat Idul Adha 1444 H di Masjid At Tanwir Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

"Jadi penyembelihan kurbannya sebaiknya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul Adha besok, biar lebih kompak," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut Muhadjir juga meminta masyarakat saling menghargai meski salat Idul Adha 2023 berbeda hari. Dia menilai perbedaan tersebut sudah menjadi hal biasa.

"Saya kira Idul Adha hari ini akan berjalan lancar dan juga yang akan melaksanakan Idul Adha besok kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan," tuturnya.

Meskipun berbeda hari, lanjut Muhadjir, yang paling penting adalah tetap bersaudara. Dia mengajak untuk saling menghargai antar-sesama umat beragama.

"Masing-masing punya argumen baik secara syariah maupun secara ilmiah, sehingga tidak perlu dipertentangkan. Yang penting terus kita pupuk semangat persaudaraan ukhuwah islamiyah, ukhuwah watoniah sebagai sebangsa dan setanah air," terangnya.

BERITA TERKAIT