test

News

Senin, 3 Juli 2023 17:44 WIB

Begini Peran Pemerintah dan Masyarakat Dalam Masa Endemi

Editor: Ferro Maulana

Kondisi Endemi. (Foto: Kemenkes/ Ilustrasi)

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo sudah mencabut status pandemi Covid-19. Sekarang, Indonesia telah memasuki masa endemi.

Kemudian, bagaimana peran pemerintah setelah pandemi Covid-19? 

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan saat masuk ke endemi, maka tanggung jawab masyarakat lebih banyak ketimbang pemerintah.

“Saya mungkin lebih sederhana menjawab bahwa dari pandemi ke endemi ini sebenarnya kalau dilihat di endemi ini lebih banyak tanggung jawab dan peran serta lagi sudah bukan pemerintah, tentu sudah masyarakat, itu intinya,” kata Maxi dalam dialog FMB9, Senin (3/7/2023).  

Selanjutnya, apa tanggung jawab pemerintah?

Menurut Maxi, pemerintah tetap melakukan penguatan-penguatan surveilans, dari sisi deteksi kasus. Namun demikian, masyarakat juga telah diberikan fasilitas untuk self testing Covid-19.

“Tentu kami harapkan peran serta masyarakat lebih tinggi, kita sudah membuka luas untuk melakukan misalnya self testing,” ujarnya.

“Kami harapkan masyarakat melakukan pemeriksaan kalau dia merasa ya pada perjalanan ke mana dan ada gejala dia bisa self testing dan itu akses kita buka ke apotek-apotek untuk mendapatkan testing-testing itu, tentu dengan biaya sendiri,” pungkasnya.

BERITA TERKAIT