test

News

Kamis, 27 Juli 2023 11:24 WIB

Penuhi Undangan Xi Jinping, Presiden Jokowi Bertolak ke China

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan melaksanakan kunjungan ke China. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi akan melaksanakan kunjungan ke Republik Rakyat China (RRC). Kunjungan kali ini untuk memenuhi undangan dari Presiden RRT Xi Jinping sekaligus memperingati sepuluh tahun kemitraan strategis komprehensif kedua negara.

Jokowi dan rombongan bertolak dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Republik Rakyat China (RRC) pada Kamis (27/7/2023)

"Pagi hari ini saya bersama dengan Ibu Negara serta delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kerja ke Chengdu di RRT," ujar Jokowi dalam konferensi pers sebelum keberangkatan.

"Kunjungan saya ke Chengdu untuk memenuhi undangan Presiden Xi Jinping, dan kunjungan ini juga bertepatan dengan sepuluh tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok," sambungnya.

Dalam pertemuan dengan Presiden Xi Jinping, Presiden Jokowi akan membahas sejumlah agenda prioritas di berbagai bidang. Presiden menyebutkan, RRT merupakan mitra dagang dan investasi terbesar bagi Indonesia.

"Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu-isu regional dan global," tuturnya.

Dalam lawatan kali ini, Presiden juga akan melakukan pertemuan dengan para pebisnis dari Tiongkok yang, antara lain, membahas mengenai potensi investasi di Indonesia.

“Saya juga akan bertemu dengan beberapa CEO, pimpinan perusahaan-perusahaan Tiongkok yang telah dan akan melakukan investasi di Indonesia, khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk menyemangati para mahasiswa Indonesia yang tengah berlaga di ajang olahraga internasional FISU World University Games.

“Saya juga akan menghadiri pembukaan FISU World University Games untuk menyemangati kontingen kita yang juga berlaga di sana,” ujarnya.

Presiden dan Ibu Iriana Jokowi dijadwalkan untuk tiba di tanah air pada Sabtu (29/07/2023). "Sabtu pagi Insyaallah saya sudah tiba di Jakarta,” tukasnya.

BERITA TERKAIT