test

News

Jumat, 25 Agustus 2023 07:07 WIB

DPR Siap Bentuk Pansus Cari Solusi Polusi Udara di Jabodetabek

Editor: Ferro Maulana

Wakil Ketua Komisi IX DPR, Charles Honoris. (Foto: DPR)

PMJ NEWS -  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendapatkan usulan untuk mendorong pembentukan panitia khusus (Pansus) untuk mencari solusi mengatasi polusi udara yang sedang dialami masyarakat, khususnya di Kawasan Jabodetabek dan sekitarnya.

Yakni dengan melibatkan unsur lintas sektor, diharapkan bakal ada kebijakan lebih komprehensif dalam mengatasi permasalahan polusi udara.

"Kami dapat beberapa saran, bagaimana kalau nanti kita usulkan ke pimpinan DPR untuk membuat Pansus untuk sama-sama atasi masalah polusi udara. Tak hanya di Jabodetabek, tetapi di seluruh Indonesia," terang Wakil Ketua Komisi IX DPR, Charles Honoris, Kamis (24/8/2023). 

Adapun usulan untuk pembentukan Pansus muncul dalam rapat bersama Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yang melakukan audiensi dengan Komisi IX DPR.

Dalam pertemuan itu, seluruh dokter yang tergabung dalam PDPI sepakat permasalahan polusi udara harus diselesaikan melalui lintas sektoral. 

Dalam pertemuan tersebut, PDPI mengungkapkan data mengenai dampak yang disebabkan polusi udara.

PDPI menjelaskan, dalam mengatasi masalah polusi udara bukan hanya mencari solusi terkini, tetapi menemukan sebuah formula tindakan pencegahan yang meminimalisir timbulnya polutan di udara. 

Tetapi, Charles menyatakan Komisi IX DPR akan melakukan rapat untuk membahas mengenai kemungkinan dibentuknya Pansus Polusi Udara.

"Kita siap melakukan rapat internal dan nanti kita bisa putuskan di sana. Keputusan ada atau tidaknya Pansus nanti diputuskan bersama-sama oleh pimpinan DPR dengan mendapatkan masukan dari komisi-komisi lainnya," tandasnya.

BERITA TERKAIT