test

News

Rabu, 18 Oktober 2023 10:24 WIB

Data Bawaslu, Kapolri Sebut Terdapat 5 Provinsi Rawan Saat Pemilu 2024

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)

PMJ NEWS - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengatakan, terdapat 5 provinsi serta 85 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam kategori wilayah rawan saat pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pemetaan tersebut berdasarkan data dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Berdasarkan indeks kerawanan pemilu Bawaslu terdapat 5 provinsi dan 85 Kabupaten/Kota berkatagori kerawanan tinggi,” ujar Sigit dalam keterangannya, Selasa (17/10/2023).

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan, berdasarkan pemetaan itu terdapat dua provinsi dan satu Kabupaten/Kota yang termasuk dalam kategori sangat rawan.

Hanya saja Sigit tidak menyebutkan lokasi sangat rawan yang dimaksud itu. Ia hanya meminta kepada para anggotanya yang bertugas di wilayah rawan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi.

“Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan, segera lakukan antisipasi. Sedangkan bagi wilayah lain jangan under estimate dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin,” tuturnya.

“Apabila terhadap konflik yang sedang mengganggu stabilitas kamtibmas, pastikan penggunaan muatan dilakukan secara tepat sesuai SOP dengan memegang teguh asas proporsionalitas, legalitas, akuntabilitas serta resesitas,” jelasnya.

BERITA TERKAIT