test

Kesehatan

Jumat, 27 Oktober 2023 11:03 WIB

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Konsumsi Kismis Bagi Kesehatan

Editor: Hadi Ismanto

Kismis hitam juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. (Foto: Kolase PMJ News).

PMJ NEWS - Kismis adalah bentuk buah anggur kering yang dihasilkan melalui penjemuran alami atau dehidrasi buatan yang menyebabkan buah anggur mengerut. Beberapa jenis yang paling umum adalah kismis hitam, kismis merah, kismis hijau, dan kismis emas.

Buah yang kaya nutrisi dan berkalori tinggi ini memiliki beragam nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan nutrisi dan menawarkan manfaat untuk kesehatan.

Seperti dilansir dari laman Pink Villa, Jumat (27/10/2023), manfaat konsumsi kismis bagi kesehatan antara lain:

1. Dapat Mengontrol Hipertensi
Hipertensi adalah penyakit metabolisme yang terjadi akibat tekanan darah tinggi, serta tingginya LDL atau kolesterol jahat. Penelitian menunjukkan, jika mengonsumsi kismis dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Para ilmuwan percaya serat makanan dan potasium bertanggung jawab untuk mengendalikan tekanan darah dengan menurunkan kadar kolesterol, yang bila tinggi dapat menumpuk di dalam pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.

2. Kurangi Resiko Penyakit Jantung
Faktor risiko kardiovaskular yang paling umum adalah gaya hidup tidak sehat dan genetika orang tersebut. Oleh karena itu, salah satu aspek gaya hidup adalah pola makan yang berperan penting dalam mencegah penyakit jantung.

Sementara itu, menambahkan makanan peningkat kesehatan jantung seperti kismis sangatlah penting. Kismis mengandung potasium, mineral yang berperan penting dalam mengatur tekanan darah.

Kandungan serat dan fitokimia pada kismis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Menjaga Kesehatan Usus
Satu porsi kismis mengandung 2 gram serat, baik larut maupun tidak larut. Kandungan serat makanan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan menambah massa tinja dan membantu pergerakan usus secara teratur.

Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serat larut membantu menjaga kesehatan usus dengan menawarkan lingkungan yang diinginkan bagi bakteri usus untuk berkembang biak.

4. Mencegah Anemia
Kismis adalah sumber zat besi yang baik. Mineral, penting untuk pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Molekul ini adalah kunci bagi sel darah merah untuk membawa oksigen ke sel.

Kandungan zat besi yang cukup secara tidak langsung mengatur transfer oksigen ke sel yang diperlukan untuk menjalankan fungsi metabolisme normal, sehingga mencegah kelelahan dan penyakit kekurangan zat besi yang disebut anemia.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang
Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tikus dengan osteoporosis telah memulihkan pengeroposan tulang setelah mengonsumsi makanan utuh seperti buah plum kering (DP), buah ara, kurma, kismis, atau blueberry.

Hal ini disebabkan adanya mineral seperti kalsium dan boron dalam kismis yang mendukung kesehatan tulang. Asupan kalsium yang cukup sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

Boron, mineral lain yang ditemukan dalam kismis juga berkontribusi terhadap kesehatan tulang. Konsumsi kismis dalam jangka panjang dapat membantu mencegah masalah kesehatan tulang karena seperempat porsi kismis mengandung lebih dari 25 miligram kalsium.

BERITA TERKAIT