test

News

Kamis, 9 November 2023 13:37 WIB

Komisi I DPR: Uji Kelayakan Calon Panglima TNI Digelar 13 November 2023

Editor: Hadi Ismanto

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid saat rapat fit and proper test calon Panglima TNI. (Foto: PMJ News/Polri TV).

PMJ NEWS - Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengungkapkan jadwal fit and proper test atau uji kelayakan calon Panglima TNI akan digelar pada Senin, 13 November 2023. Agenda ini akan dimulai dengan visi misi dari Jenderal TNI Agus Subiyanto.

"Fit and proper tes (calon Panglima TNI) itu akan dilakukan hari Senin tanggal 13 November. Dimulai pagi dengan penyampaian visi misi kurang lebih 30 menit dilakukan secara terbuka," ungkap Meutya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Menurut Meutya, rapat akan dilangsungkan tertutup jika ada pendalaman dari visi misi yang mengandung kerahasiaan. Namun, pemaparan akan dilakukan secara terbuka di awal.

"Nanti jikalau ada pendalaman yang mungkin menemukan kerahasiaan maka rapat akan ditutup, tapi dibuka dulu di awal untuk bisa diketahui publik semua apa visi misi dari calon panglima," tuturnya.

Meutya berharap keputusan nantinya dapat diberikan pada hari yang sama. Selanjutnya, Komisi I DPR RI juga akan melakukan verifikasi faktual ke kediaman pribadi calon panglima TNI.

"Kita harapkan hari itu juga kita sudah akan memberikan keputusan di rapat internal setelah RDPU. Kemudian di hari itu juga kita akan juga lakukan verifikasi faktual datang ke kediaman pribadi beliau," kata dia.

"Dari situ, Komisi I DPR akan bersurat kepada pimpinan DPR untuk kemudian disetujui di paripurna. Untuk jadwal di paripurnanya, nanti di pimpinan DPR," imbuhnya.

BERITA TERKAIT