test

News

Rabu, 15 November 2023 16:08 WIB

Sebelum Kampanye Dimulai, KPU Gelar Deklarasi Damai 27 November Mendatang

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

KPU akan gelar deklarasi damai. (Foto; PMJ/Ist).

PMJ NEWS -  Usai melakukan pengundian nomor urut Capres dan Cawapres, Deklarasi Pemilu Damai akan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Senin 27 November 2023. Selanjutnya, pada Selasa elasa 28 November 2023, masa kampanye para capres dan cawapres sudah bisa dimulai.

"Tanggal 27 November 2023, KPU akan menyelenggarakan deklarasi pemilu damai. Lalu tanggal 28 November 2023 dimulai kampanye," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Selasa (14/11/2023).

Diungkap Hasyim, KPU telah melakukan pendistribusian logistik untuk tahapan pertama. Logistik tahapan pertama itu meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, dan segel.

"Itu sudah berdatangan di KPU kabupaten/kota di gudangnya masing-masing, untuk logistik pemilu tahap berikutnya, surat suara dan formulir, itu sudah mulai proses pengadaannya," ujarnya.

Diketahui, tiga pasangan capres-cawapres yang akan bertarung di Pilpres 2024 resmi mendapatkan nomor urut. Pengundian dilakukan pada Selasa malam 14 November 2023. Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mendapat nomor urut 1. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat nomor urut 2. Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat nomor urut 3.

Mabes Polri mengerahkan 74 personel Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu 2024. Ditunjukan mengawal masing- masing calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

BERITA TERKAIT