test

News

Kamis, 16 November 2023 07:09 WIB

Polri Gelar Tiga Operasi untuk Pengamanan Pemilu 2024

Editor: Hadi Ismanto

Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran saat dapat kerja bersama Komisi III DPR RI. (Foto: PMJ News/Divhumas Polri)

PMJ NEWS - Kabaharkam Polri, Komjen Pol Fadil Imran memastikan kesiapannya jajaran Korps Bhayangkara dalam mengamankan Pemilu 2024 secara menyeluruh. Dia berharap semua pihak dapat bekerjasama untuk menyukseskan pesta demokrasi ini.

Peryataaan tersebut disampaikan Fadil Imran selaku Kepala Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rapat bersama Komisi III DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023).

"Kami siap mengamankan pemilu secara menyeluruh, termasuk pengamanan terhadap calon presiden dan calon wakil presiden," ujar Fadil Imran dihadapan Komisi III DPR RI.

Pengawasan dan pengawalan terhadap capres dan cawapres peserta Pemilu 2024, lanjut Fadil, dilakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan mereka selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

"Polri juga telah melaksanakan pengamanan terhadap kantor penting dan kediaman calon presiden dan calon wakil presiden," ucapnya.

Menurut Fadil, pengawalan terhadap capres-cawapres merupakan salah satu rangkaian dari tiga operasi pengamanan Pemilu 2024 yang digelar Polri. Di antaranya Nusantara Cooling System, Operasi Mantap Brata dan Operasi Kontingensi Aman Nusa 1, 2 dan 3.

Nusantara Cooling System merupakan operasi untuk menjaga stabilitas keamanan dan kondusifitas masyarakat selama Pemilu 2024. Kemudian, Operasi Mantap Brata yakni operasi pengamanan ambang gangguan dan gangguan nyata pada tahapan Pemilu.

Sedangkan Operasi Kontingensi Aman Nusa 1, 2 dan 3 merupakan operasi untuk penanganan gangguan nyata yang bersifat kontingensi yang disebabkan oleh konflik sosial, bencana alam, dan terorisme.

BERITA TERKAIT