test

News

Rabu, 22 November 2023 10:45 WIB

Dilantik Jokowi, Jenderal Agus Subiyanto Resmi Menjabat Panglima TNI

Editor: Fitriawan Ginting

Penulis: Fajar Ramadhan

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. (Foto: PMJ/Dok Setpres).

PMJ NEWS - Jenderal Agus Subiyanto resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Panglima TNI di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023). Pelantikan Agus ini sekaligus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan pensiun pada 26 November 2023.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

"Memberhentikan dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono dari jabatannya sebagai Panglima TNI disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia selama memangku jabatan tersebut," bunyi keppres tersebut dibacakan Sekretaris Militer Presiden.

"Mengangkat Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI," lanjut keppres.

Presiden Jokowi menyerahkan tongkat Panglima TNI kepada Agus dan membimbing Agus Subiyanto membacakan sumpah dan jabatan sebagai Panglima TNI.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," janji dan sumpah Agus.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," lanjutnya.

Dalam pelantikan ini, hadir Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakim Ketua DPR Sufmi Dasco, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, higga Jaksa Agung ST Burhanuddin.

BERITA TERKAIT