test

News

Selasa, 9 Januari 2024 16:06 WIB

KPU Tegaskan Format Debat Pilpres 2024 Tidak Akan Diubah

Editor: Fitriawan Ginting

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/Dok KPU)

PMJ NEWS - Debat Pilpres 2024 tidak akan diubah formatnya, termasuk dengan durasi waktu. Hal ini ditegaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asya'ri. Dikatakan Hasyim, KPU berpedoman pada format yang telah disepakati oleh masing-masing tim pasangan calon (paslon).

"Tidak (perlu penambahan durasi debat), cukup, cukup itu," kata Hasyim di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (9/1/2024).

Ia menambahkan, apabila KPU menghendaki adanya perubahan format, termasuk durasi dalam debat, justru akan menimbulkan pertanyaan dari banyak pihak. KPU akan tetap berpedoman pada format berikut durasi debat yang telah disepakati bersama dengan masing-masing tim paslon.

"Karena kalau diubah nanti jadi pertanyaan. Karena sudah tiga kali debat. Kenapa polanya diubah? gitu. Jadi kalau sudah jadi pola, sudah pakemnya ya kita ikuti. Kalau ada perubahan pasti akan menimbulkan pertanyaan berikutnya," ungkapnya.

Diterangkan Hasyim, model debat yang sudah menjadi kesepakatan KPU bersama masing-masing tim paslon yakni debat terdiri dari 6 segmen. Segmen pertama, pemaparan visi misi serta program kerja. Segmen 2 dan 3 pertanyaan yang telah disiapkan panelis dan kemudian masing-masing calon menjawab. Segmen 4 dan 5 adalah pertanyaan masing-masing calon kepada calon yang lain dan dijawab oleh calon, dan segmen 6 pernyataan penutup atau closing statement.

"Jadi memang modelnya seperti itu. Debat 4 dan 5 pun akan begitu," tandasnya.

BERITA TERKAIT