test

News

Senin, 15 Januari 2024 13:32 WIB

Viral Suara Pejabat Batubara Dukung Capres, Mabes Polri Bantah Tegas

Editor: Fitriawan Ginting

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko menegaskan Polri tetap akan bersikap netral dalam kontestasi Pemilu 2024.

Termasuk dengan viralnya sebuah rekaman suara yang diduga dilakukan oleh sejumlah pejabat daerah Kabupaten Batubara, Sumatera Utara (Sumut) bernarasikan dukungan untuk capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Netralitas Polri telah termaktub dalam UU No.2 Tahun 2002 Tentang Polri Pasal 28 ayat (1) dan ayat (2), Anggota Polri tidak menggunakan hak memilih dan dipilih.

"Dalam rangka memelihara kehidupan bernegara dan bermasyarakat serta profesionalisme, Polri berkomitmen untuk bersikap netral dan tidak melakukan kegiatan politik praktis dalam setiap kontestasi Pemilu 2024," kata Trunoyudo, Senin (15/1/2024).

"Hal tersebut dilaksanakan untuk memastikan Pemilu berjalan aman, damai dan berintegritas serta berkualitas," lanjutnya.

Mabes Polri telah melakukan penelusuran dugaan Kapolres Batubara yang terlibat. Hasilnya tidak benar kepolisian terlibat mengarahkan pemenangan Capres 02.

"Polda Sumatera Utara sudah melakukan penelusuran dan hasilnya di informasikan tidak benar, atau suara tersebut bukan merupakan suara Kapolres Batubara bersama Forkompimda lainnya," tandasnya.

BERITA TERKAIT