test

News

Jumat, 16 Februari 2024 19:39 WIB

Kakorlantas Polri Tinjau Samsat Digital Pertama di Indonesia

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhananmengunjungi Samsat Digital di Terminal Leuwipanjang. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus mengunjungi Samsat Digital di Terminal Leuwipanjang, Jumat (16/2/2024).

"Hari ini saya bersama pimpinan Samsat Tingkat Pusat berkunjung ke samsat digital, ini yang pertama di Indonesia berada di Leuwipanjang,” ujar Aan Suhanan.

Aan menjelaskan, dengan pelayanan yang berubah dari konvensional menjadi digitalisasi sangat memudahkm aktivitas masyarakat. Pasalnya, pelayanan di gerai Samsat ini hanya memakan waktu 15 menit.

"Dengan digitalisasi Samsat ini, pelayanan masyarakat dimudahkan," ucapnya.

"Tidak perlu turun lagi mengantri, cukup di mobil cek fisik kendaraannya kemudian dipastikan legalitasnya, masyarakat bisa melakukan perpanjangan STNK, membayar pajak kendaraan bermotor dan pembayaran sumbangan wajib berlalu lintas," sambungnya.

Mengikuti perkembangan digitalisasi, lanjut Aan, Samsat Digital Terminal Leuwipanjang juga mengalihkan sistem pembayaran yang menggunakan cashless atau non tunai.

"Semua transaksi baik tadi di 5 tahunan kemudian di tahunan ini semua cashless jadi tidak ada transaksi dengan menggunakan uang tunai," ungkapnya.

Kakorlantas Polri berharap dengan adanya Samsat Digital Terminal Leuwipanjang ini dapat memprogramkan untuk seluruh wilayah Indonesia.

"Mudah-mudahan ini dari yang pertama ini sebagai perintis samsat digital ini akan coba memprogramkan dari teman-teman Pembina Samsat tingkat pusat akan coba memprogramkan untuk seluruh wilayah Indonesia," tukasnya.

BERITA TERKAIT