test

News

Rabu, 21 Februari 2024 15:28 WIB

BNPT Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Jadi Sasaran Radikalisasi

Editor: Hadi Ismanto

Kepala BNPT Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel. (Foto: PMJ/Ist).

PMJ NEWS - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI, Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel menyebut perempuan, anak-anak, dan remaja merupakan kelompok rentan jadi sasaran radikalisasi.

Hal tersebut disampaikan Rycko saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) BNPT 'Melindungi Perempuan, Anak dan Remaja dari Ideologi Radikal Terorisme untuk mempercepat Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan' di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (21/24).

"Terjadi peningkatan proses radikalisasi dengan sasaran 3 kelompok rentan (seperti) perempuan, anak-anak dan remaja," ujar Rycko seperti dalam keterangannya, Rabu (21/2/2024).

"Proses radikalisasi dilakukan secara sistematis, masif dan terencana dengan memanfaatkan jubah keagamaan dan memanipulasi simbol-simbol dan atribut agama," sambungnya.

Menurut Rycko, perempuan berperan penting dalam pembinaan keluarga, sementara anak dan remaja merupakan generasi penerus penggerak pembangunan bangsa dan negara, termasuk pembangunan ekonomi.

Karenanya, tidak dapat dibayangkan jika ketiga kelompok rentan tersebut dalam jumlah besar terpapar paham radikal terorisme bahkan sampai melakukan tindakan pidana terorisme.

Rycko mengatakan, kasus yang melibatkan perempuan dan anak dalam aksi terorisme seperti kasus Surabaya tahun 2018. Ini memberikan dampak buruk bagi keamanan dan ketertiban masyarakat yang dibutuhkan untuk pembangunan ekonomi yang inklusif dan bekelanjutan.

Karena itu, lanjut Rycko, program Perlindungan Perempuan, Remaja, dan Anak-Anak menempati urutan pertama dalam 7 Program Prioritas BNPT 2024 dan menjadi tema Rakernas BNPT pada tahun ini, bahwa BNPT hadir untuk melindungi Perempuan, Remaja, dan Anak-Anak.

"Kiranya Rapat Kerja Nasional BNPT 2024 yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan di BNPT, termasuk FKPT, Duta Damai dan Kelompok Ahli dapat menghasilkan hal-hal yang bermanfaat bagi peningkatan penanggulangan terorisme di tanah air," tuturnya.

BERITA TERKAIT