test

News

Jumat, 15 Maret 2024 12:07 WIB

Hari Ini di Sumut, Presiden Jokowi Tinjau Langsung RSUD

Editor: Fitriawan Ginting

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: PMJ/Dok Kominfo).

PMJ NEWS -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari kedua di Sumatra Utara (Sumut), Jumat (15/3/2024). Di Sumut, Kepala Negara menuju Kabupaten Padang Lawas.

Jokowi lepas landas menggunakan helikopter TNI AU sekitar pukul 07.15 WIB, melalui Pangkalan TNI AU Soewondo, Medan. Di Kabupaten Padang Lawas, Presiden akan meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sibuhuan.

Jokowi juga dijadwalkan meninjau persediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Labuhanbatu.

Disana, Jokowi dijadwalkan mengecek bahan pokok di Pasar Gelugur Rantauprapat. Selain itu meninjau persediaan beras dan menyerahkan bantuan pangan kepada masyarakat.

Di hari pertama kunjungan kerja ke Sumut kemarin, Kamis (14/3/2024), Presiden melakukan sejumlah kegiatan. Diantaranya Presiden Jokowi meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang.

Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju industri kelapa sawit nasional. Kehadiran pabrik ini diharapkan memberikan nilai tambah signifikan bagi petani sawit.

”Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri, oleh sebab itu, kita bangun pabrik minyak makan merah. Ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit," kata Jokowi.

"Utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi, jadi harga TBS (tandan buah segar) tidak naik dan turun. Karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi yaitu minyak makan merah” sambungnya.

Presiden juga mengunjungi Pasar Kawat, Kota Tanjungbalai. Dalam kunjungannya, Kepala Negara meninjau langsung harga dan stok sejumlah bahan pokok yang ada di pasar tersebut. Salah satu bahan pokok yang ditinjau Presiden Jokowi adalah beras. Menurut Presiden, harga beras di Kota Tanjungbalai, cukup baik dan stabil.

"Beras yang SPHP Bulog stoknya ada, harganya Rp57 ribu untuk 5 kilo. Kemudian beras lokal, medium, harga masih di Rp12.800, saya kira dibandingkan provinsi yang lain masih baik," tandas Jokowi.

BERITA TERKAIT