test

News

Rabu, 20 Maret 2024 14:08 WIB

Banjir Parah di Kudus, 7 Meninggal dan 4.188 Orang Diungsikan

Editor: Fitriawan Ginting

Pengungsi banjir di Kusud, Jawa Tengah. (Foto: PMJ/ Dok BNPB).

PMJ NEWS - Sebanyak 4.188 orang mengungsi akibat bencana banjir yang melanda Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Kamis (14/3) lalu. Hal ini dilaporkan langsung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hingga saa ini, banjir masih menggenangi lima kecamatan yang ada di Kabupaten Kudus antara lain Kecamatan Mejobo, Jati, Undaan, Jekulo dan Kaliwungu. Peristiwa ini berdampak pada 13.586 KK atau 39.272 orang.

“Sebanyak 1.287 KK atau 4.188 orang dari korban terdampak mengungsi.6.523 unit rumah warga dan 2.295 hektar sawah turut terendam banjir,” jelas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Rabu (20/3/2024).

Berdasarkan data yang ada, lokasi pengungsian tersebar di 25 titik, yakni di Balai Desa Gulang, Balai Desa Payaman, Balai Desa Jati Wetan, Balai Desa Kedungdowo, TPQ Khuriyatul Fikri Paslor, GKMI Tanjungkarang, Gedung DPRD, Gedung JHK Kudus, dan Pasar Saerah.

Dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, tujuh warga meninggal dunia imbas bencana banjir itu. Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Kudus, Munaji mengatakan dari tujuh yang meninggal 6 di antaranya tenggelam dan satu orang tersengat aliran listrik.

“Tenggelam enam dan kesetrum saat banjir satu,” ucap Munaji.

BERITA TERKAIT