test

News

Senin, 1 April 2024 07:09 WIB

Korlantas Polri Petakan Sejumlah Titik Rawan Macet di Jabar Saat Arus Mudik

Editor: Hadi Ismanto

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan melakukan survei kesiapan jalur Tol Jawa Tengah pada Operasi Ketupat 2024. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah memetakan sejumlah lokasi di ruas tol Jawa Barat yang menjadi titik rawan macet saat mudik dan arus balik Lebaran 2024.

Hal tersebut disampaikan Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan usai rapat koordinasi persiapan angkutan Lebaran tahun 2024 Provinsi Jawa Barat di Gedung Pakuan, Bandung, Minggu (31/3/2024).

"Ada di tol, ada beberapa bottleneck, di wilayah Jawa Barat, di (Km) 152, Cisumdawu, dan Cipali, dan (Km) 48 pertemuan dari MBZ dan assisting yang ada di bawah," ungkap Aan Suhanan.

Selain itu, lanjut Aan, titik rawan kemacetan ada di Km 86 Cipali karena berpotensi terjadi bottleneck. Sedangkan rest area di jalan tol yang menjadi titik perlambatan kendaraan.

"Kemudian di Km 87 Cipali, ini juga jadi bottleneck. Selain bottleneck, juga rest area jadi potensial perlambatan," ujarnya.

Kendati begitu, Aan menjelaskan kepolisian wilayah Jabar telah mempersiapkan antisipasi jika kepadatan arus lalin terjadi. Salah satunya adalah menerjunkan tim urai yang terdiri atas polisi wanita (polwan).

"Mulai contraflow, one way, sampai nanti akan menerjunkan tim urai. Tim urai dari Korlantas juga sudah membackup untuk kendaraan tim urai ini dari Jabar akan turunkan tim urai dari polwan," tuturnya.

Aan mengatakan, Tol Cimanggis dan Cibitung juga akan jadi titik krusial. Selain itu, ada jalur arteri di Pantura yang akan diperhatikan. "Arteri sendiri ada beberapa titik krusial, baik di Pantura, di Selatan ini yang jadi perhatian di Gentong, Limbangan, sampai ke Tasik," ucapnya.

"Sudah disiapkan beberapa skena mulai dari pengalihan arus, penutupan sementara pada puncak arus, kemudian juga ada contraflow atau one way sepenggal, di jalur Selatan. Di Pantura juga sama demikian ada lintasan sebidang, ini juga akan dikelola dengan baik," tambahnya.

BERITA TERKAIT