test

News

Senin, 15 April 2024 14:02 WIB

Patroli, Kakorlantas Minta Pemudik Jangan Berhenti di Bahu Jalan

Editor: Fitriawan Ginting

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan beri keterangan. (Foto: PMJ News)

PMJ NEWS - Patroli dilakukan oleh Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan bersama jajarannya dengan menggunakan sepeda motor untuk meninjau langsung pergerakan arus balik lebaran 2024 di Tol Jakarta-Cikampek. Ia mengimbau para pemudik tidak berhenti di bahu jalan dan memanfaatkan rest area.

"Bersama tim urai melakukan patroli sekaligus melihat secara langsung apa-apa saja yang menjadi hambatan yang mengakibatkan perlambatan ya, di samping volume kendaraan memang cukup tinggi ada juga hambatan-hambatan yang mestinya tidak ada," kata Aan Suhanan, Senin (15/4/2024).

Ia melanjutkan, kapasitas jalan tol sendiri masih leluasa untuk diberlakukannya contraflow 3 lajur. Namun situasi bottleneck selepas penerapannya mengakibatkan hambatan perlambatan kendaraan di KM 62 dan KM 66 pertemuan Cipularang-Bandung. Menurutnya di jalur contraflow juga ada beberapa kendaraan yang mengalami gangguan dan berhenti di bahu jalan, sehingga berdampak pada kepadatan arus lalu lintas.

"Contraflow, juga sama ada beberapa kendaraan yang mendapatkan gangguan ya di bahu jalan tadi kita ketahui juga ada masyarakat yang ingin menuntaskan kewajibannya yang enggak bisa diwakilkan ya," urainya.

Dalam pantauannya, usai melewati KM 62 arus lalu lintas lancar, namun terdapat perlambatan di bawah flyover lantaran situasi bottleneck. Sebab itu, dilakukan penutupan di rest area 52 untuk mengurai kepadatan.

"Setelah KM 62 tadi cukup lancar, deras kemudian, ada bottleneck di bawah-bawah flyover  terjadi perlambatan, kemudian rest area 52 kita tutup ya ini juga terjadi perambatan, selebihnya setelah setelah KM 52 jadi lancar ya lancar sampai dengan ke Jakarta," jelasnya.

BERITA TERKAIT