test

News

Selasa, 16 April 2024 08:07 WIB

Polri Ungkap Kelelahan Sopir Gran Max Jadi Penyebab Kecelalakaan KM 58

Editor: Hadi Ismanto

Kecelakaan beruntun di Tol Jakarta-Cikampek KM 58. (Foto: PMJ News/Twitter)

PMJ NEWS - Polisi mengungkap faktor kelelahan sopir Gran Max menjadi penyebab kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58. Hal itu merupakan kesimpulan sementara setalah dilakukan pengusutan oleh Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan sopir Gran Max berinisial UK tersebut diduga kelelahan karena berkendara selama empat hari dari Jakarta-Ciamis dan sebaliknya tanpa henti dari 5 April 2024.

"Jakarta-Ciamis sampai dengan tanggal 8 (April), sehingga pengemudi tersebut mengalami kelelahan yang mengakibatkan microsleep atau mengantuk karena kelelahan," jelas Trunoyudo Wisnu Andiko di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (15/4/2024).

Lebih lanjut Trunoyudo menyebutkan, temuan sementara ini diperoleh berdasarkan keterangan dari para saksi yang mengetahui aktivitas Sopir Gran Max sebelum mengalami kecelakaan di Tol Jakarta-Cikampek KM 58.

"Namun, (temuan) ini dapat kami sampaikan pada saat perkembangannya," katanya.

Trunoyudo memastikan penyelidikan ini dilakukan secara profesional. Tim Traffic Accident Analysis (TAA) bentukan Polri telah menganalisis secara saintifik terkait penyebab kecelakaan.

"Dalam peristiwanya pun kita lakukan secara saintifik yaitu melalui Traffic Accident Analysis (TAA), dimana proses perkara ini ditangani oleh Polda Jawa Barat dan di-back up oleh Korlantas Polri," tukasnya.

BERITA TERKAIT